Wednesday, April 2, 2014

"Sudah Dapet Untung?"

Saya mengangkat telepon di rumah, sekitar beberapa minggu lalu. Saya nggak pernah ditelepon pakai telepon rumah, karena orang-orang taunya menghubungi saya ya pakai HP. Saya ngangkat telepon rumah karena saya nyangka ada orang mau nyariin mertua saya dan mau menyampaikan pesan penting.

Ternyata itu dari familinya mertua saya. “Oh, halo Vicky,” sapanya ramah. “Mamamu sudah pulang?”

Waktu itu saya jawab mertua saya belom pulang. Setelah pembicaraan basa basi biasa beberapa detik, tahu-tahu keluar pertanyaan itu, “Gimana, Vicky? Sudah dapet untung?”

Heh? Saya terhenyak. Bisnis suami saya kan baru dibuka beberapa minggu lalu, perasaan kita belom konferensi pers tapi kok si sanak sudah tahu ya?


“Err..untung apa?” tanya saya.

“Itu..”dia kedengeran tak sabar. “Sudah dapet untung? Hamil?”

Saat itu saya langsung nyesel sudah ngangkat telepon. “Oh, saya nggak hamil, “ jawab saya kalem.

“Ooh..” si sanak kedengeran speechless. “Jadi mau kapan?”

“Apanya?” tanya saya.

“Dapet untungnya,” lagi, dia mengucapkan itu.

“Wah, nggak tahu. Terserah Tuhan saja,” jawab saya tenang.

Si sanak lalu menyudahi telepon. Saya nutup telepon dan bilang alhamdulillah pembicaraan itu berakhir.

Ide kata “untung” itu membuat saya jijik, sumpah. Memangnya rahim saya ini modal buat jualan, apa? Terus apanya yang saya jual?

Perempuan jaman purba mengira rahim adalah “modal berdagang”. Diharapkan dengan memberikan rahimnya dengan cara kawin, ia akan mendapatkan “untung” berupa anak. Makanya kalau belom hamil lantas itu dianggapnya “rugi”.

Persoalannya, saya bukan perempuan yang seneng jualan rahim. Saya kawin karena saya ingin punya temen hidup. Masalah saya mau bersedia dihamili atau tidak, itu urusan saya.

Screw up patrilineal-sight women!