Saturday, April 5, 2014

Ternyata Memang Indonesia Hebat!

Tahun 2013, dalam gelaran International Conference of Youth Scientists, Mariska Grace berhasil menyabet medali emas atas penelitiannya memanfaatkan kulit kacang untuk mereduksi kadar tembaga di air. Pada saat yang sama, Melody Natalie (berkacamata) juga mendapatkan emas untuk penelitiannya yang mengeksploitasi lensa cumi-cumi sebagai sunblock untuk melindungi nelayan dari kanker kulit ketika bekerja. Satu perak dan dua perunggu juga diraih oleh Indonesia pada tahun ini. Ini adalah kesekian kalinya Indonesia memboyong emas dalam kompetisi ini, karena pada tahun 2010 bahkan pelajar-pelajar Indonesia membawa sampai tujuh medali emas dalam kompetisi yang sama. Gambar diambil dari sini.


Indonesia masih disegani di lapangan bulutangkis internasional bahkan hingga saat ini. Tahun 2008, Hendra Setiawan dan Markis Kido memenangkan medali emas pada olimpiade untuk kategori ganda putra. Atlet-atlet badminton Indonesia yang juga pernah membawa pulang medali emas olimpiade antara lain Susi Susanti dan Alan Budikusuma (1992), Rexy Mainaky dan Ricky Subagja (1996), Tony Gunawan dan Candra Wijaya (2000), dan Taufik Hidayat (2004). Gambar diambil dari sini.
Menurut World Airline Awards, Garuda Indonesia memenangkan penghargaan maskapai sebagai World's Best Economy Class untuk tahun 2013. Dalam urusan kelas ekonomi penerbangan, Garuda bahkan lebih baik ketimbang Asiana Airlines asal Korea Selatan ataupun Singapore Airlines. Gambar diambil dari sini
Gamal Albinsaid, diganjar penghargaan Unilever Sustainable Living Young Entrepeneur Awards dan mengalahkan finalis-finalis dari negara lainnya, atas upayanya mendirikan klinik di Malang, Jawa Timur. Klinik ini menyedot perhatian karena warga yang berobat dapat membayar dengan menyetorkan sampah. Gamal dianggap sebagai dokter pengusaha yang mampu meningkatkan perekonomian rakyat dan kiprahnya dalam membuat asuransi sampah akan dicontoh kota-kota lain di dunia. Gambar diambil dari sini.

Seven Sumitteers adalah sebutan untuk pendaki-pendaki yang telah berhasil mendaki sampai ke tujuh puncak tertinggi di seluruh dunia. Indonesia mentahbiskan Sofyan Fesa, Xaverius Frans, Broery Sihombing, dan Janatan Ginting (2011) sebagai Seven Summiteers pertama negeri ini karena telah berhasil mendaki puncak Everest (Nepal), Carstenz Pyramid (Papua), Kilimanjaro (Tanzania), Denali (Amerika Utara), Elbrus (Rusia), Aconcagua (Argentina), dan Vinson Massif (Antartika). Gambar diambil dari sini.
Masih banyak bukti-bukti Indonesia Hebat yang lain, dan prestasi warga Indonesia dalam bidang sains, olahraga, transportasi, kewirausahaan, dan adventurial, yang saya tuliskan  di atas hanya segelintir. Apakah Anda juga salah satu dari orang-orang Indonesia Hebat lainnya? Pasti!