Tuesday, July 15, 2014

Surat-surat Sumpek

Saya ketawa ngakak waktu nonton sitkom Keluarga Masa Kini di Net TV. Ceritanya Farhan kedatangan ayah mertuanya dan ayah mertuanya pidato panjang lebar tentang pentingnya menantu berbakti kepada ayah mertua.
Saya ngitung kurang lebih ada dua menit si mertua ngoceh panjang lebar, sementara sang menantu eneg dengernya. Ketika sang mertua berhenti berpidato, dos-q tercengang coz ternyata yang berada di sebelahnya bukan sang mantu lagi, melainkan pembokat di rumah itu, sementara sang mantu sudah ngacir entah ke mana. Jadi pembokatnya yang disuruh dengerin pidato sang mertua.

Saya ketawa terbahak-bahak coz merasa mendapat ide baru untuk saya praktekin sehari-hari. :-p

Let’s say, anggap aja sebetulnya sang mantu bukan eneg denger isi pidatonya sang mertua yang penuh dengan ucapan menggurui itu. Tapi sang mantu eneg karena sang mertua sibuk ngoceh sendirian tanpa membiarkan sang mantu mengungkapkan pendapatnya meskipun cuman satu dua patah kata. Seolah-olah di dunia ini yang penting cuman dirinya, dirinya, dan dirinya aja, orang lain cuman numpang duduk. Dalam sehari-hari kita sering banget ngeliat yang kayak gini, misalnya lagi ketemuan sama siapa gitu, terus sang lawan bicara itu sibuk ngoceh dan nggak tanya pendapat kita. Kesel nggak sih?

Enggak lah. Kan kita sibuk makan, bukan dengerin dia. *sambil ngunyah cheese cake*

Dewasa ini nggak cuman komunikasi lisan yang bisa bikin eneg, bahkan komunikasi tulisan ternyata bisa bikin eneg. Pernah terima BBM atau Whatsapp yang sekali nulis itu panjang banget sampek lebih panjang daripada layar LCD HP-nya sendiri? Wah, saya sering banget nerima itu. Bawaannya males banget scroll scroll ke bawah karena sepertinya isi message itu nggak abis-abis!


Gambar diambil dari sini
Contohnya kayak gini nih:
“Ky, aQ pusing bgt sm perutQ ini,,sdh berhr2 saban x sahur aQ kayakX mules2 trs,,padahal aQ udh ganti menuQ dgn yg ga byk sayurX spt yg qmu blg,,gmn y apa baikX aq px lab aja gtu,,tp aQ binun mau px apa, ato jgn2 aQ perlu USG? Tp kl mo di-USG aQ jg binun ngomongX gmn sm2 Mbak2-X di lab itu,,lgan si Alexis lg sumpek soalX semenjak bln puasa bisnis swike panggangX jd rada2 seret,,aQ suruh dia alih usaha sementara dl jd jualan kolak pisang tp dia ngga mau,,alesannya dia ga bs bikin kolak pisang,,padahal kan buku2 resep kolak pisang kan byk di Gramedia,,lgan di koran Nova or Sedap Sekejap jg kayakX byk,,kok dia ga mau usaha sih,,oh iya, kamu jgn lupa banyak2 ngaji n sedekah,,mumpung ini lagi bulan puasa jd bulan penuh rahmat,,kataX Nabi kan klo lg bln puasa setan2 pd dibelenggu di neraka,,trs dengerin itu siaran ustadz di tivi2,,jgn dengerin quickcount pilpres melulu,,itu aQ liat avamu di Twitter br ganti ya,,koq kamu jd agak mirip Bond Girl,,sayang lho kok diganti,,padahal biasaX kan qmu mirip Ashanti n Syahrini ditumpuk jd 1,,”

Saya nyahut dalam hati, Situ pusing sama perut, aku pusing beneran baca message-mu. *matiin HP*

Oke, nggak usah dicerna isi message di atas, coz bikin mata jadi siwer. Tapi ada beberapa trik yang bisa dilakukan supaya orang betah baca tulisan di messenger kita.

Sekali nulis di BBM/Whatsapp/Line, coba nulis paling banyak tiga baris aja. Tekan Send/Kirim, lalu tunggu reaksi orang di seberang sana. Tunggu sampek ada tanda Read, dan biarkan orang di seberang membalasnya.

 Jika jawaban orang di sebelah sana “Oh iya, ada apa?” atau “Baik-baik, kenapa gitu?” Maka itu adalah sinyal bahwa dia siap diajak ngobrol. Baru kita nulis message lagi. Message berikutnya jangan panjang-panjang, paling banter tiga baris. Atau pokoknya jangan melebihi layar LCD HP Anda.

 Jika orang di sana tidak menjawab padahal sudah Read, berarti dia lagi nggak siap diajak ngobrol. Penyebabnya mungkin: a) dia lagi asyik sama kegiatannya sendiri, b) dia ogah ngobrol.

 Nggak usah ngeyel kalau orang di sana nggak bales Anda. Percaya deh, Anda nggak akan dapet balasan yang menyenangkan kalau Anda mengajak ngobrol pada timing yang tidak tepat. Kerugiannya dobel: a) apa yang Anda informasikan itu tidak sampek ke orangnya coz orangnya nggak dengerin, b) Anda dicap sebagai annoying person, alias pengganggu.

Dengerin rumpian yang cuman dimonopoli satu orang, sudah nggak jaman. Sekarang jamannya ngadepin orang-orang yang cuman memonopoli pembicaraan di BBM sendirian. Ih, Anda bukan salah satu dari orang-orang ini kan? J